Jumat, 27 September 2019

Prospek Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

                          Peluang Kerja Jurusan TKJ


Source : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=671532300023158&set=t.100014991822379&type=3&theater

   Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan jurusan yang sangat di minati oleh calon siswa baru, ini bisa dilihat pada saat Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di hampir semua SMK yang membuka jurusan TKJ tersebut. Hal ini menjadi daya tarik sendiri oleh Pengelola SMK untuk dapat menjaring Siswa Baru sebanyak banyaknya. Tak heran jika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berlomba-lomba untuk membuka jurusan TKJ ini sehingga output (lulusan) dari TKJ sangatlah banyak/ membludak. Dengan banyaknya lulusan TKJ tentunya Peluang kerja lulusan TKJ ini juga harus dipikirkan jika para alumni ini ingin langsung bekerja.

   Perkembangan Teknologi Informasi (IT) begitu pesat, hampir semua bidang pekerjaan tak bisa lepas dari Teknologi Informasi (IT) mulai dari sektor Pertanian, Industri, Jasa maupun Perdagangan sebagian besar memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dalam pengelolaan maupun pengembangan usahanya. Hal inilah yang menjadi daya tarik Jurusan TKJ sehingga peminatnya begitu banyak. Dengan banyaknya Perusahaan yang membutuhkan IT, maka Peluang kerja lulusan TKJ semakin terbuka lebar.

  .
   Jurusan TKJ ini tidak hanya belajar teori perangkat keras komputer, tetapi juga bakalan mempelajari bagaimana cara mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan komputer maupun laptop. Selain belajar praktik perbaikan komputer/ laptop pada jurusan TKJ ini di lebih di fokuskan pada perancangan dan implementasinya untuk jaringan LAN, WAN maupun Internet dengan media dan perangkat terbaru.
Source : https://www.tipspercetakan.com/5-contoh-bisnis-teknologi-terbaru-yang-menjanjikan/teknisi-komputer/



Peluang kerja alumni TKJ cukup banyak, bukan hanya bekerja pada perusahaan saja tetapi alumni TKJ juga bisa membuka lapangan kerja sendiri (wiraswasta). Berikut ini merupakan daftar pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh alumni SMK Jurusan TKJ:
  • Operator komputer,
  • Teknisi Komputer/ Laptop,
  • Teknisi Jaringan,
  • Sistem Administrator/ Administrator Jaringan,
  • Dan masih banyak lainya.
Hampir semua instansi baik di instansi Pemerintah maupun swasta, Perusahaan kecil dan juga perusahaan besar membutuhkan tenaga/ karyawan yang menguasai keterampilan seperti diatas. Selain bekerja di perusahaan, lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) juga bisa berwirausaha dengan membuka service dan penjualan komputer/ laptop, Jasa pemasangan jaringan komputer dan internet, RT/RW-net, Internet Service Provider, dll.

0 Comments:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah mampir ke Blog saya.