Selasa, 24 September 2019

Computer Network Engineering

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan



   Teknik Komputer dan Jaringan atau yang biasa disebut TKJ adalah teknik yang mempelajari tentang cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program-program PC. TKJ merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tetapi tergantung sekolahnya juga sih, SMKnya teknik atau bukan. Kalau bukan ya jangan tanya ada jurusan TKJ atau tidak.



www.upwork.com



   Dari tahun ke tahun jurusan TKJ selalu banyak peminatnya. Dan pesaingnya adalah jurusan Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Mengapa demikian ? Dari survei yang saya lakukan, saya mendapati alasan mengapa rekan-rekan saya memilih TKJ. Yang pertama peluang kerjanya sangat banyak dan kelihatan keren ketika kerja hanya duduk di balik laptop atau PC dengan gaji yang fantastis.
   Belajar TKJ itu susah-susah gampang. Yang penting niat dan tekad untuk belajarnya tinggi. Jika kalian mengambil jurusan ini alangkah baiknya sudah punya laptop atau PC untuk media belajar supaya mudah ketika mendapat materi dari guru.
   Banyak sekali peluang kerja jurusan TKJ. Rekan-rekan saya yang mengambil jurusan TKJ setelah lulus sekolah ada yang jadi teknisi Komputer di sekolahan, ada yang  jadi teknisi jaringan dan ada yang buka lapangan kerja sendiri sebagai mekanik komputer. Bisa juga lulusan TKJ itu buka toko komputer sendiri atau buka warnet.
Mari kita lihat selengkapnya peluang kerja jurusan TKJ dibawah ini.

1. Internet Service Provider / Perusahaan Jaringan Network Security  :

  • Mengidentifikasi kebutuhan keamanan jaringan
  • Mendesain sistem keamanan jaringan
  • Menginstalasi security jaringan
  • Menginstalasi dan administrasi server authentikasi
  • Mengoperasikan security jaringan
  • Monitoring keamanan jaringan

2. Wireless Networking  :

  • Merancang, melakukan survey lapangan
  • Membuat antenna
  • Menginstalasi jaringan wireless
  • Mengkonfigurasi peralatan
  • Mengoperasikan jaringan wireless

3. Network Administrator  :

  • Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  • Menganalisa dan memperbaiki kerusakan/kesalahan /tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan

4. Administrasi Server

  • Memanage server
  • Mengatur band width
  • File sharing
  • Memonitor server
  • Mengatur traffic

5. Computer Integrator  :

  • Merakit komputer
  • Memperbaiki komputer
  • Menginstalasi sistem operasi GUI dan TEXT

6. Voip Integrator  :

  • Indentifikasi kebutuhan
  • Merancang jaringan voip
  • Instalasi softswitch

7. Linux Administrator  :

  • Menginstalasi sistem operasi Linux
  • Maintenance sistem operasi Linux
  • Melakukan virtualisasi

8. Integrator Jaringan :

  • Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
  • Memasang jaringan lokal
  • Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  • Menginstalasi sistem operasi jaringan
  • Menganalisa dan memperbaiki kerusakan/kesalahan/tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan
  • Merancang web database untuk content server
  • Instalasi web server
  • Instalasi database server
  • Instalasi server jaringan
  • Instalasi content management sistem
  • Instalasi, integrasi software kolaborasi

9. Web Administrator  :

  • Konfigurasi web
  • Perawatan web
  • Memonitor jaringan
  • Mengatur traffic
  • Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  • Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  • Monitoring keamanan jaringan
  • Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan


Alasan Logika Saya Kenapa Memilih Jurusan TKJ

Source : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=636908113485577&set=t.100014991822379&type=3&theater


1. Gara gara sering main ke warnet atau warung internet 


      Ini salah satu alasan saya kenapa saya memilih jurusan ini ,awalnya sebelum saya memilih jurusan ini saya sering pergi main ke warnet warnet yang ada di perkotaan saya ini adalah awal saya mengetahui sedikit seluk beluk dunia tkj.

Di warnet sinilah awal pertama saya mengenal jaringan dan software saya sangat tertarik kepada sebuah perangkat yang dinamakan PC atau Komputer saya tertarik ingin mengetahui lebih dalam mengenai ilmu komputerisasi ini , di komputer itu saya menggunakan banyak software,mulai dari browser,antivirus,utility dan game game online yang terkenal yang sering saya mainkan .

D
i warnet inilah awal saya mengetahui banyak tentang bagian TKJ mulai dari pengkabelan,ilmu komputerisasi,maintenance software di warnet tersebut . nah awal inilah yang membuat saya kenapa saya mengambil jurusan TKJ Ini , karna inilah saya ingin mendalami jurusan TKJ akhirnya saya memilih jurusan TKJ dan bersekolah di Smk Muhammadiyah 2 Kuningan.


2.  Gara gara sering main komputer dan bermain game 


    Waktu masa SD atau sekolah dasar saya sudah di perkenalkan oleh paman sebuah perangkat pc di masa sd inilah saya mengenal dan memainkan perangkat yang namanya komputer ,komputernya punya tetangga si tapi saya di bebasin boleh main komputernya itu .

waktu itu saya bener bener kecanduan asik bermain pc dan bermain game sampe masa mts kls 3pun saya masih sering banget bermain game terutama game yang terkenal pada waktu itu adalah game Pointblank ,lostsaga,dota dan gta ini adalah game yang sering saya mainkan dulu . sekarang paling saya main lol nah alasan inilah yang memperkuat saya kenapa saya memilih jurusan tkj ini dari masa kecil saya sudah di perkenalkan oleh paman saya tentang perangkat pc atau komputer tersebut

3.  Gara gara melihat keuntungan peluang yang membuka usaha warnet


Bagi anda yang sering main ke warnet coba hitung kira kira penghasilan admin warnetnya perharinya paling kecil dapet berapa ?? coba kalikan sebulan dapet berapa kalo misalkan di warnetnya ada 3 PC , coba hitung juga kalo di warnetnya ada 30pc dan setiap harinya selalu penuh dengan para gamers. ga kebayang kan penghasilan perbulannya berapa ?? waktu itu saya pernah bertanya penghasilan perbulannya antara kisaran 3-10Jt perbulan, inilah salah satu yang menginspirasi saya kenapa saya ingin memilih jurusan TKJ ini .

lantaran saya ingin mengetahui konsep jaringan warnet tersebut cara kerjanya mulai dari software dari sistem operasi yang di pakai,aplikasi serta perawatan software dan hardwarenya karna semua inilah saya mengambil jurusan tkj ini dan ingin menjadi bos warnetnya juga.

4.  Lantaran peluang kerja TKJ itu luas

    
Mungkin bagi anda yang belum masuk smk pasti belum merasakan bagaimana aja si peluang kerja anak tkj itu ??, tapi jika anda sudah merasakan dan sungguh sungguh ketika belajar di sekolahnya bukalah mata anda karena peluang alumni keluaran anak tkj itu sangatlah luas anda bisa buka usaha,ngelamar kerja ke perusahaan perusahaan dengan mudah asalkan anda punya skill,keterampilan,pengalaman dan pengetahuan yang bagus .biasanya anak-anak jaringan itu bekerjanya antaralain di list berikut ini :

1. PT. Telekomunikasi
2. ISP ( Internet Service Provider ) atau penyedia jasa internet
3. Perusahaan Jaringan
4. Perusahaan Software
5. Perusahaan Hardware
6. Perusahaan Komputer
  - membuka jasa servis
  - membuka toko laptop atau komputer
  - membuka jasa warnet
  - membuka jasa instalasi
  - keamanan sebuah jaringan dll
7. dan masih banyak lagi pekerjaan pekerjaan laiinya seperti jadi trainer,guru dsb.

5.  Karna kepengen jadi seorang ahli IT

    
IT itu adalah seorang pakar dan seorang yang ahli atau bisa di sebut teknisi di bagian TKJ baik software ,hardware maupun jaringan.

   Perlu diingat kawan kawan semua yang akan memulai mempelajari dunia Komputer dan Jaringan, Belajar bisa dilakukan dimana saja asalkan ada niat untuk mempelajarinya, karena sekarang ini belajar tidak hanya bisa dilakukan di lingkungan Sekolah saja, saat kita memegang HP pun jika dimaanfaatkan dengan baik kita dapat memperoleh informasi dan ilmu dari berbagai sumber dari Internet, baik itu browsing mengenai seputar Dunia Pendidikan maupun Pengetahuan Umum

0 Comments:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah mampir ke Blog saya.